Rabu, 08 Februari 2017

Pengertian Hotel ( landasan Teori ) Terlengkap



BAB I
PENDAHULUAN
A.   PEMBATASAN MASALAH

      Dalam memudahkan penyusunan karya tulis ini penyusunan akan membahas judul tentang “ Tugas dan Tanggung Jawab Waiter/Waitress Dalam Memberikan Pelayanan Di Hotel Mega Anggrek Jakarta ’’, sebagai pembahasan yang akan di uraikan, karena penyusunan melakukan On The Job Training di bidang tersebut.

B.   ALASAN MEMILIH JUDUL
     
      Alasan memilih judul penulis sebelumnya telah mengecek judul-judul yang baik dan mempunyai kriteria sebagai sebuah karya tulis. Judul yang penulis buat adalah sebagai berikut:


1.    Tugas dan tanggung jawab waiter/waitress di Hotel Mega Anggrek Jakarta

2.    Sistematika kerja waiter/waitress di Hotel Mega Anggrek Jakarta

3.    Prosedur kerja waiter/waitress di Hotel Mega Anggrek Jakarta

4.    Memberikan pengetahuan mengenai jasa pelayanan food and beveragae department kepada masyarakat umum agar lebih mengetahui dunia Pariwisata bidang F & B service Department.

          Dari penjelasan diatas akhirnya penulis menetapkan judul dalam karya tulis ini yaitu :“tugas dan tanggung jawab waiter/waitress Dalam Memberikan Pelayanan di Hotel Mega Anggrek Jakarta”.

          Judul tersebut diambil karna penulis berpendapat bahwa sebuah department dapat berjalan dengan baik oprasinya bila ada prosedur kerja yang baik.

C.    TUJUAN ON THE JOB TRAINING
  Adanya on the job training yang dilakukan oleh siswa/siswi kelas satu baik dari jurusan Tata boga atau Perhotelan mempunyai tujuan yang sama diantaranya:
1.    Membekali siswa dengan pengalaman yang sebenarnya dalam dunia kerja sebagai persiapan guna menyesuaikan diri dalam kerja dan dalam masyarakat.

2.    Memantapkan kedisiplinan dan tanggung jawab menjalani tugasnya.

3.    Mendorong siswa/siswi untuk berjiwa Wiraswasta dan makarya.

4.    Meluaskan pandangan siswa terhadap jenis-jenis kerja yang ada di bidang bersangkutan.

5.    Memperoleh umpan balik, baik dari dunia kerja maupun pemantapan program kerja.


D.  TUJUAN PENULISAN KARYA TULIS
       
        Pada pembuatan karya tulis ini bagi siswa/siswi SMK Prima Wisata yang telah melakukan on the job training diwajibkan untuk mengerjakan karya tulis ini dengan tujuan :
1.    Sebagai bukti laporan dari pelaksanaan on the job training selama 6 bulan lebih di Hotel Mega Anggrek Jakarta.

2.    Mengukur sejauh mana pengetahuan penulis didalam bidang kepariwisataan di INDONESIA khususnya di bidang food & beverage departement.

3.    Memberikan pengetahuan mengenai jasa pelayanan food & beverage department khususnya waiter/waitress.

4.    Interprestasi dan usulan, ide, gagasan dari pemikiran serta penelitian tentang hal-hal yang perlu dikembangkan agar pelayanan di bidang food & beverage department semakin maju.

5.    Menjabarkan pengetahuan yang telah didapatkan baik pada saat berada di sekolah maupun waktu praktek dilapangan kerja.

6.    Memberikan dorongan semangat kepada siswa agar dapat mengembangkan pemikiran dibidang pariwisata khususnya
dibidang food & beverage.



E.    METODE PENGUMPULAN DATA

        Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam melakukan penulisan karya tulis ini, terhimpun dalam beberapa diantaranya :

1.    Metode Observasi (Pengamatan Langsung)
     Metode observasi adalah pengumpulan data-data yang diperoleh berdasarkan dari hasil peninjauan atau pengamatan langsung selama penulis on the job training di Hotel Mega Anggrek Jakarata.
2.    Metode Intervieuw (Tanya Jawab)

    Metode intervieuw adalah pengumpulan data-data berdasarkan adanya Tanya jawab secara langsung, baik pada guru pembimbing maupun pada staf Hotel.

3.    Library Research (Metode Kepustakaan)

    Metode Kepustakaan adalah pengumpulan data-data yang diambil berdasarkan sumber-sumber buku, juga dari karya tulis ini milik kakak kelas yang terdahulu yang digunakan dalam contoh pembuatan karya tulis.







F.    SISTEMATIKA PENYUSUNAN KARYA TULIS

              Sistematika dalam penyusunan karya tulis ini terdiri dari : lembar judul, lembar pengesahan, lembar penguji, kata pengantar, daftar isi serta kerangka karangan yang terdiri dari 5 bab, sebagai berikut :

BAB I    : PENDAHULUAN

Pada bab ini menjelaskan tentang :

a.     Pembatasan masalah,

b.    Alasan memilih judul,

c.      Metode pengumpulan data,

d.    Tujuan penulisan karya tulis,

e.     Tujuan on thr job training, dan

f.       Sistematika penyusunan karya tulis.

BAB II       : LANDASAN TEORI
Pada bab ini menjelaskan tentang :
a.  Pengertian Hotel,

b. Pengertia Food and Beverage Departement.

c.   Pengertian Restaurant

d. Pengertian Bar

e.  Pengertian Banquet

f.    Pengertian Room service

g.  Pengertian waiter/waitress

BAB III: TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB WAITER/WAITRESS    DI HOTEL MEGA ANGGREK JAKARTA

                   Pada bab ini menjelaskan tentang :

a.     Sejarah singkat Hotel Mega Anggrek Jakarta

b.    Struktur Organisasi F & B Departement

c.            Fasilitas – Fasilitas Hotel Mega Anggrek

d.          Visi dan Misi Hotel Mega Anggrek Jakarata.








                             BAB II
                             LANDASAN TEORI
I.            Pengertian Hotel
         
     Yang dimaksud dengan Hotel adalah jenis akomondasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makanan dan minuman atau fasilitas-fasilitas lainnya yang dikelola secra komersial.

II.            Pengertian Food and Beverage Departement

     Food and beverage adalah salah satu bagian hotel yang bertanggung jawab atas pengolahan makanan dan minuman serta penyajian. Food and Beverage Departement terdiri dari dua bagian yaitu : F&B Service dan F&B Product, didalam F&B Service terdapat beberapa outlet diantaranya:
1.    Restaurant

2.    Bar

3.    Banquet

4.    Room Service



III.            Pengertian Restaurant

      Restaurant adalah suatu tempat yang menyediakan berbagai macam sajian makanan dan minuman yang dikelola secara komersial dan professional. Restaurant juga menjadi salah satu bagian dari Food and Beverage Departement.

IV.            Pengertian Bar

      Bar berasal dari kata “Barier” yang berarti palang pemisah atau penghalang dalam perkembangannya Bar berarti penghalang atau pemisah antara karyawan dengan tamu.

Adapun jenis-jenis Bar adalah sebagai berikut :

1.    Public Bar yaitu bar yang dipergunakan untuk khalayak umum selain didalam hotel dapat juga berdiri sendiri biasanya letaknya strategis.

2.    Main Bar yaitu bar yang menjadi induk dari Service Bar dan merupakan pusat atau sentral administrasi atau storage untuk kontribusi ke bar lain.

3.    Service Bar yaitu bar yang berfungsi sebagai tempat penyediaan minuman dalam satu outlet untuk menunjang kelancaran outlet, juga difungsikan untuk pelayanan di Room Service.

4.    Sunken Bar/Garden Bar yaitu bar yang letaknya diarea terbuka (out dor) seperti taman atau lapangan golf.

5.    Pool Bar yaitu letaknya diarea kolam renang atau pantai dan menyediakan minuman bebas alkohol.

6.    Portable Bar bar beroda yang dapat dipindah-pindah tergantung pada kebutuhannya dan sebagai sarana pendukung kegiatan banquet.

V.            Pengertian Banquet
      Banquet adalah salah satu bagian dari Food and Beverage Departement yang bertugas dalam pengadaan tempat, peralatan makanan dan peralatan yang lainnya, yang digunakan untuk suatu acara. Acara yang diadakan biasanya dalam jumlah besar seperti wedding party, birthday party, dan acara lainnya.

VI.            Pengertian Room Service

      Room service adalah bagian dari f&b service yang bertugas dan bertanggung jawab menangani pemesanan makanan dan minumn kedalam kamar. Pelayanan Room Service dapat di laksnakan selama 24 jam, berlaku untuk makan pagi, makan siang dan makan malam yang semuanya di laksanakan dengan sebaik-baiknya. Kecepatan dan kecakapan adalah yang di utamakan dalam memberikan service yang baik.
VII.            Pengertian Waiter/Waitress

      Waiter/waiterss adalah seorang karyawan atau karyawati yang memiliki tanggung jawab dalam melayani dan menyediakan makanan dan minuman kepada tamu. Seorang waiter/waitress harus dapat berkomunikasi, yang baik, sehingga dapat mengetahui apa yang di inginkan oleh para tamu, mereka juga harus berperan aktif dalam menawarkan menu-menu makanan dan minuman.























BAB III
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB WAITER/WAITRESS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DI HOTEL MEGA ANGGREK JAKARTA


A.      Sejarah Hotel Mega Anggrek
Pada tahun 1970 merupakan lagkah awal dan sukses. Drs. Sofyan ponda seorang putra Indonesia berdarah minang yang dilahirkan pada tanggal 8 juni 1930 didesa Guguk Tinggi,lereng gunung singgalang. Kepekaan pada iklim usaha saat itu serta naluri usaha yang kuat dalam dirinya telah memberanikan Sofyan Ponda untuk memulai usaha propertinya, tepatnya membangun sebuah Hotel menengah yang hanya mengoperasikan dua puluh kamar.
Dengan investasinya yang relatif  kecil namun dilandasi dengan keyakinan bahwa Hotel tersebut dapat memenuhi kebutuhan pada saat itu Sofyan Ponda mengajak serta beberapa orang pengelola yang memiliki visi yang sepaham, hotel tersebut dioperasikan dengan badan nama Hotel Menteng yang didirikan pada tanggal 14 September 1971 dengan akte pendirian Notaris Loembe Tobin,SH,sedangkan hukum bawah naungan PT. MENTENG SARANA WISATA. Setelah sekian lama hasil jerih payah Sofyan Ponda tidak sia-sia, hanya pada waktu relative singkat. Hotel tersebut telah mencapai tingkat pertumbuhan yang meyakinkan, sehingga kamar hotel meningkat menjadi 181 kamar.
Pada tahun 1979 datang pemegang saham baru yaitu Bapak Amir Rasyidi Duta Basa BSC,yang biasa dipanggil “Pak Datuk” sebagai mitra bisnis Sofyan Ponda sejak tahun 1975 pak Datuk bergerak dibidang hasil bumi serta ekspor, hasil lainnya adalah jual beli tanah dan rumah. Pada waktu itu pak Datuk bergabung dengan komposisi saham 60% dimiliki Sofyan Ponda dan 40% dipegang oleh pak Datuk. Setelah masuknya Hotel Menteng berkembang dan membangun lagi dijalan Cikini Raya No.105, Jakarta yang baru beroperasi pada bulan febuari 1981 dengan jumlah karyawan 217 orang dan jumlah kamarnya 78 kamar, yaitu Hotel Menteng I dan Hotel Menteng II. Dengan tetap memperhitungkan situasi usaha perhotelan saat itu pada tahun 1982 Sofyan ponda segera meningkatkan pertumbuhan usahanya dengan rencana membangun sebuah Hotel Menteng III yang terletak dijalan Cikini Sofyan dan Ponda segera membentuk perusahaan sendiri bernama PT. SOFYAN HOTELS, yang membangun serta mengelola beberapa Hotel kelas menengah.
Pada tahun 1985 Hotel Menteng I dan Hotel Menteng II dengan Manajemen baru PT. Menteng Sarana Wisata yang dikelola sendiri oleh pak Datuk berkembang dengan pesat yaitu dengan membangun sebuah Hotel dijalan Matraman Raya No.21,Jakarta dengan jumlah kamar 179 kamar lebih dikenal saat ini Hotel GRAHA MENTENG yang beroperasi dibulan juli 1987.
Hotel Mega Anggrek merupakan bagian dari Hotel Menteng Group yang diresmikan pada tanggal 1 juni 2003. Hotel Mega Anggrek terletak dijalan Arjuna Selatan No.4 Palmerah Jakarta Barat. Hotel Mega Anggrek termasuk kedalam hotel berbintang,yang memiliki berbabgai fasilitas dan pelayanan serta standaritas Hotel berbintang, yang memiliki beberapa tipe kamar pilihan:
a.     Single Standart Special Room
b.    Standart Room
c.      Special Room
d.    Deluxe Room
e.     Superior Room
f.       Junior Suite Room
     Logo dari hotel mega anggrek adalah huruf “ M“ yang dibuat menyerupai rumah Gadang yang merupakan rumah adat dari suku Minang. Hal ini di sebabkan karena pemilik Hotel Mega Anggrek berasal dari padang, Sumatra Barat. Dalam huruf “M” di logo Hotel Mega Anggrek terdapat (2) dua buah titik yang menggambarkan jendela dari rumah Gadang.
  Hotel Mega Anggrek merupakan konsep Hotel Bisnis oleh karena itu Hotel Mega Anggrek memiliki moto “ A suitable Hotel For Having Statisfaction When Business Met Comfort’’. Dari moto ini Hotel Mega Anggrek ingin membangun citra bahwa dengan segala sumber aya, sarana dan prasarana yang ada ingin menciptakan suasana yang nyaman untuk berbisnis.
  Karena berkonsep Hotel Bisnis, maka Hotel Mega Anggrek lebih memiliki beratkan pada penyewaan ruang – ruang rapat yang berjumlah total 15 meeting room dan satu buah ball room dengan kapasitas sampai dengan 1500 orang.
  Pangsa pasar yang merupakan target market dari Hotel Mega Anggrek adalah organisasi, instasi, perusahaan baik itu swasta maupun memiliki pemerintah dengan skala kecil, menengah sampai berskala besar.
   Dari paparan diatas maka suatu tantangan bagi Hotel Mega Anggrek untuk dapat membangun citra sebagai Hotel berbintang 3 yang mampu memberikan kenyamanan berbisnis bagi mitra/pelanggannya melalui berbagai sumber daya, sarana dan prasarana yang ada, salah satunya dari logo yang dimiliki Hotel Mega Anggrek.

  Sedangkan untuk nama – nama Hotel Menteng Group diantaranya sebagai berikut :

1. Hotel Menteng I           Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat

2. Hotel Menteng II         Jalan Gondang Dian Lama, Jakarta Pusat

2. Hotel Graha Menteng  Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur

4. Hotel Puri Mega           Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat

5. Hotel Mega Pro             Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat

6. Hotel Mega Matra         Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur

7. Hotel Sentral                 Jalan Pramuka Raya, Jakarta Pusat

8. Hotel Parama                Jalan Cisarua, Bogor

9. Hotel Puri Jaya             Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat

10. Hotel maharadja       Jalan Capt.Piere Tendean, Jakarta Selatan

11. Hotel Kaisar                Jalan Duren Tiga (PLN), Jakarta Selatan

12. Hotel Mega Cikini     Jalan Cikini Raya, Jakarta Barat

13. Hotel Maharani    Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

14. Hotel Mega Anggrek       Jalan Arjuna Selatan, Jakarta Barat

15. Hotel Oasis Amir             Jalan Pasar Senen Raya, Jakarta Pusat

16. Harbour Bay Amir Hotel    Jalan Duyung Batu Ampar

Nama Hotel   : Hotel Mega Anggrek

Alamat Hotel   : Jl. Arjuna Selatan No.4, kemanggisan, Jakarta Barat

No Telp/Fax    : Telp. (62 – 21) 5363044/45, Fax. (62 – 21) 5367004

No Reservation : (62 – 21) 5367009

Email                            : reservation@megaanggrekhotel.com
                                      : http://www.megaanggrekhotel.com







Outlet-outlet F&B service Hotel Mega Anggrek

1.             Coffee Shop

       Pada Hotel Mega Anggrek terdapat Coffe Shop yang bernama orchid Coffee Shop yang terletak dilantai 1 (satu) Hotel Mega Anggrek dengan kapasitas untuk 150 tamu, bagian ini bertugas dan bertanggung jawab menangani pemesanan makanan dan minuman yang dipesan oleh tamu yang menginap maupun yang berkunjung di Hotel Mega Anggrek. Orchid coffee shop menyediakan berbagai hidangan yaitu American Food, Indonesian Food, danAsian Food.

2.             Banquet

       Hotel Mega Anggrek memiliki banquet yang cukup luas dengan didukung oleh beberapa ruangan yang cukup luas diantaranya:

a.     Anggrek Function Room

       Ruangan ini sering digunakan acara ulang tahun dan digunakan sebagai ruang meeting karna dapat disekat dalam beberapa ruangan, Anggrek Function Room terletak dilantai 1 (satu) dengan kapasitas 75 orang tamu. Anggrek Function Room dapat disekat dalam beberapa ruangan yaitu Anggrek 1-6 dengan kapasitas ruangan masing-masing kurang lebih untuk 15 orang tamu.


b.    Grand Anggrek Ball Room

       Ruangan ini merupakan ruangan besar oleh karena itu sering digunakan untuk wedding maupun event-event besar. Grand Anggrek Ball Room terletak dilantai 1 (satu) dengan kapasitas 1.500 orang tamu.

c.      Grand Anggrek 1-7

       Ruangan ini merupakan ruangan yang paling kecil karena merupakan sekatan dari Grand Anggrek Ball Room dengan kapasitas masing-masing ruangan kurang lebih untuk 15 orang tamu.

3.       Room Service
    Yaitu outlet yang menangani pemesanan makanan dan minuman kekamar tamu, seperti pada umumnya room service terletak dilantai 1 (satu) dan letaknya berdekatan dengan Orchid Coffee Shop dan kitchen. Menu yang ditawarkan sama dengan menu yang ada di Orchid Coffe Shop.



C. Fasilitas – Fasilitas Yang Tersedia

Hotel Mega Anggrek juga memiliki fasilitas –fasilitas lainnya, yaitu :

1.          Restaurant dan Bar

I.      Orchid Coffe Shop Restaurant
    Pada Hotel Mega Anggrek terdapat coffe shop bernama Orchid Coffee Shop yang terletak dilantai 1 (satu) Hotel Mega Anggrek dengan kapasitas untuk 150 tamu, bagian ini bertugas dan bertanggung jawab menangani pemesanan makanan dan minuman yang dipesan oleh tamu yang menginap maupun yang berkunjung di Hotel Mega Anggrek. Orchid coffee shop menyediakan berbagai hidangan yaitu American Food, Indonesian Food, dan Asian Food.

(a)     Buka 24 Jam

(b)    Breakfast 06:00 am – 10:00 am (buffet), lunch 12:00 pm – 15:00 pm, dinner 18:00 pm – 22:00 pm.

(c)      Menyediakan aneka hidangan Indonesia, Eropa dan Chinese

(d)    Live musik (untuk weekend mulai dari jam 19:00 pm – 22:00 pm


II.            Jasmine Lobby Lounge Mini Bar

(a)           Buka 24 jam

(b)          Terletak di lobby utama

(c)            Kapasitas 25 kursi dan sofa 4 buah

(d)          Menyediakan makanan ringan dan minuman, seperti :Alcoholic, Coffee, Bread and cake.

III.           Room Service

       Yaitu otlet yang menangani pemesanan makanan dan minuman kekamar tamu, seperti pada umumnya room service terletak dilantai 1 (satu) dan letaknya berdekatan dengan Orchid Coffee Shop dan kitchen. Menu yang ditawarkan di room service sama dengan menu yang ada di Orchid coffee shop.

(a)     Buka 24 jam

(b)    Menyediakan makanan dan minuman

(c)      Makanan dan minuman yang dipesan oleh tamu akan diantar ke kamar.




2.                   Ruangan Pertemuan

I.                  Anggrek Ballroom

(a)           Terletak di lantai 1

(b)          Luas 942 m²

(c)            Dapat menampung ±1500 pax (standing party)

(d)          Food and Beverage

II.               Anggrek Function Room

(a)           Luas 399.05 m²

(b)          Dapat menampung ±300 pax (standing party)

(c)            Food and Beverage

III.           Grand Anggrek I

(a)           Luas 31.20 m²

(b)          Dapat menampung ±25 pax (standing party)

(c)            Food and Beverage



IV.            Grand Anggrek II

(a)           Terletak di lantai 1

(b)          Luas 54.21 m²

(c)            Dapat menampung ±45 pax (standing and theatre)

(d)          Food and Beverage


V.                Grand Anggrek III

(a)           Terletak di lantai 1

(b)          Luas 58.32 m²

(c)            Dapat menampung ±35 pax (standing and theatre)

(d)          Food and Beverage

VI.               Grand Anggrek IV

(a)           Terletak di lantai 1

(b)          Luas 40.50 m²

(c)            Dapat menampung ±50 pax (standing and theatre)

(d)          Food and Beverage

VII.              Grand Anggrek V

(a)              Terletak di lantai 1

(b)             Luas 76.52 m²

(c)               Dapat menampung ±80 pax (standing and theatre)

(d)             Food and Beverage

VIII.        Grand Anggrek VI

(a)              Terletak di lantai 1
                          
(b)             Luas 58.52 m²

(c)               Dapat menampung ±60 pax (standing and theatre)

(d)             Food and Beverage

IX.            Grand Anggrek VII

(a)           Terletak di lantai 1
                          
(b)          Luas 97.00 m²

(c)            Dapat menampung ±95 pax (standing and theatre)

(d)          Food and Beverage

Di dalam ruangan pertemuan ini mempunyai fasilitas pendukung, antara lain :

a.        Stage Lighting

b.        Over Head Projector

c.         Built in LCD Player

d.        Sound System

e.        Micropones dan wirelees microphone

f.          Laser Pointer

g.        Photos copies

h.        Wirelees ? Boar band internet acces

3.    Fasilitas Reakrasi

I.         Mahkota Healt Center & Beauty Salon

(a)           Buka dari jam 10.00 am – 03.00 am.

(b)          Terletak di lantai 2

(c)            Luas 98.70 m²

(d)          Dapat menampung ±15 pax (salon), masasage + 10 pax + spa 1 room 5 pax.

(e)           Kapasitas 3 kursi + sofa.

(f)             melayani potong rambut (salon), m message, spa dan sauna.

(g)           Food and Beverage.

II.               Aggrek Swimming Pool

(a)           Buka dari 10.00 am – 18.00 pm.

(b)          Luas 100 m²

(c)            Dapat menampung ±50 pax.

(d)          Kapasitas 16 kursi + 4 meja

(e)           Food and Beverage.

4.    Fasiltas Layanan Binatu (laundry) dan jenis binatu di antaranya :

1)  Regular : pakaian akan siap untuk di antarkan kembali kepada tamu saat ke esokan harinya.

2)  Express : pakaian akan siap untuk di antar pada waktu antar 07.30 am – 06.00 pm.

3)  Hour : pakaian akan siap di antar 3 jam berikutnya pada hari yang sama.

5.    Fasilitas Area Parkir

(a)           Buka 24 jam.

(b)          Terletak di Ground Base Floor

(c)            Pelayanan parker umum di kelola dan di kenakan biaya sesuai aturan yang berlaku di Hotel Mega Anggrek

6.    Fasilitas Save Deposit Box

(a)           Buka 24 jam

(b)          Terletak di lantai main lobby area.

(c)            Menghilangkan kunci kamar akan di kenakan biaya 50.000,-

7.    Grand Floor (G)

(a)           Emplooye, tenant dan supplier parking area.

(b)          CCTV room

(c)            Emplooye time card

(d)          Smoking room card (di luar)

(e)           Security office

(f)                  Purchasing office

D.        Tugas dan Tanggung Jawab Waiter/Waitress Dalan Nemberikan Pelayanan Di Hotel Mega Anggrek Jakarta

          Para waiter/ss sebelum melaksanaan pekerjaan harus mengerti dan memahami tugas dan tanggung jawab waiter/ss di Hotel Mega Anggrek adalah sebagai berikut :

1.          Rapihkan uniform terlebih dahulu sebelum memasuki outlet masing-masing

2.          Menyusun tata letak meja, kursi side stand dan lain-lain

3.          Memoles cutleries, china ware dan glass ware yang sudah dicuci

4.          Memberikan salam dan senyum kepada tamu

5.          Mempersilahkan duduk kepada tamu dan menawarkan makanan dan minuman

6.          Menulis pesanan tamu atau captain order

7.          Mengambil pesanan tamu dari kitchen secara berurutan mulai dari appetizer sampai dessert.

8.          Setelah tamu selesai makan, maka waiter/ss clear up dari sebelah kanan dan membawa kebelakang atau steward

9.          Mengambil bill dari meja chasier dan memberikan kepada tamu

10.    Mengantar tamu sampai ke depan pintu restaurant

11.    Membersihkan meja kotor dan menset up nya kembali

12.    Bertanggung jawab bila ada kesalahan pengorderan makanan maupun minuman

13.    Bertanggung jawab terhadap sectionnya

14.    Bertanggung jawab atas kebersihan peralatan makan dan minum yang digunakan untuk operasional

15.    Bertanggung jawab sepenuhnya kepada peraturan yang berlaku pada outlet masing-masing.

E.       Visi Hotel Mega Anggrek Jakarta

a.     Financially healt atau sehat secara financial

b.    Professional HR atau SDM yang professional

c.      Service oriented atau berorientasi pada pelayanan

d.    Developing profitable lines of product atau mengembangkan produk dan jasa yang menguntungan

e.     Cost efficiency atau effisiensi biaya

F.          Misi Hotel Mega Anggrek Jakarta
“menjadi perusahaan yang inovatif dengan di dukung oleh fasilitas makanan dan minuman serta layanan primer untuk tujuan usaha’’






















BAB IV
PENUTUP

A.Kesimpulan

        Setelah penyusunan selesai melaksanakan On The Job Training kurang lebih enam bulan di Hotel Mega Anggrek Jakarta maka penyusunan dapat mengambil keimpulan ebagai berikut:

1.    Rapikan uniform terlebih dahulu sebelum memasuki outlet masing-masing

2.    Menyusun tata letak meja, kursi side stand dan lain-lain

3.    Memolescutleries, china ware dan glass ware yang sudah dicuci

4.    Memberikan salam dan senyum kepada tamu

5.    Mempersilahkan duduk kepada tamu dan menawarkan makanan dan minuman

6.    Menulis pesanan tamu atau captain order

7.    Mengambil pesanan tamu dari kithen secara berurutan mulai dari appetizer sampai dessert

8.    Setelah tamu selesai makan maka waiter/ss clear up dari sebelah kanan dan membawa kebelakang atau steward

9.    Mengambil bill dari meja chasier dan memberikan kepada tamu

10. Mengantar tamu sampai kedepan pintu restaurant

11.  Membersihkan meja kotor dan menset up nya kembali

12.  Bertanggung jawab bila ada kesalahan pengorderan makanan maupun minuman

13.  Bertanggung jawab terhadap sectionnya

14.  Bertanggung jawab atas kebersihan peralatan makan dan minum  yang digunakan untuk operasional

15.   Bertanggung jawab sepenuhnya kepada peraturan yang berlaku pada outlet masing-masing

16.  Peratutan waiter / waitress di Bangquet section adalah sebagai pendukung lancarnya operasional

17.  Tanggung jawab adalah kedaan wajib menanggung segala seuatunya dari tugas yang dilakukan

18.  Hotel adalah suatau jenis bangunan yang mempergunakan sebagian   atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial dan profesional serta memenuhipenentuan persyaratan yang ditetapkan


19. Bangquet adalah bagian dari Hotel yang melayani funcion misalnya acara pesta, seminar, wedding, dan pelanggan, perorangan dan organisasi pelayanan di mulai sejak pelanggan memesan tempat hingga akhir acara kesepakatan dengan pelanggan mengikuti hari, tanggal, jam, penyelenggaraan acara atau jumlah tamu pesta yang hadir.

B.Saran-Saran
Dalam penyelesaian karya tulis, penyusunan sekaligus menguraikan saran-saran sebagai berikut:

1. Saran untuk sekolah
a.     Diharapkan pembimbing untuk training lebih di tingkatkan lagi baik bentuk praktik maupun bentuk materi.
b.    Diharapkan fasilitas yang memadai sehingga siswa dapat menerima pelajaran dengan efektif dan efesien
c.      Diharapkan adanya peningkatan sumber daya manusia yang terampil dalam bidangnya dan perlu diadakan diklat untuk siwa

2. Saran Untuk Hotel
a.     Pihak hotel hendaknya mengadakan pelatihan terhadap waiter/waitress untuk dapat mempertahankan atau meningkatkan pelayanan kepada tamu demi kemajuan suatu Hotel
b.    Houserules harus di terapkan agar waiter/waitress dapat menjaga nama baik dan kepercayaan para tamu didalam pelayanan
c.      Hotel hendaknya memberikan upah memadai kepada siswa yang training

.

0 komentar:

Posting Komentar