BAB
I
PENDAHULUAN
A. PEMBATASAN
MASALAH
Dalam memudahkan penyusunan karya tulis ini
penyusunan akan membahas judul tentang “ Tugas
dan Tanggung Jawab Waiter/Waitress Dalam Memberikan Pelayanan Di Hotel Mega
Anggrek Jakarta ’’, sebagai pembahasan yang akan di uraikan, karena
penyusunan melakukan On The Job Training di bidang tersebut.
B. ALASAN
MEMILIH JUDUL
Alasan memilih judul penulis sebelumnya
telah mengecek judul-judul yang baik dan mempunyai kriteria sebagai sebuah
karya tulis. Judul yang penulis buat adalah sebagai berikut:
1.
Tugas
dan tanggung jawab waiter/waitress di Hotel Mega Anggrek Jakarta
2.
Sistematika
kerja waiter/waitress di Hotel Mega Anggrek Jakarta
3.
Prosedur
kerja waiter/waitress di Hotel Mega Anggrek Jakarta
4.
Memberikan
pengetahuan mengenai jasa pelayanan food and beveragae department kepada
masyarakat umum agar lebih mengetahui dunia Pariwisata bidang F & B service
Department.
Dari penjelasan diatas akhirnya
penulis menetapkan judul dalam karya tulis ini yaitu :“tugas dan tanggung jawab waiter/waitress Dalam Memberikan Pelayanan di
Hotel Mega Anggrek Jakarta”.
Judul tersebut diambil karna penulis berpendapat
bahwa sebuah department dapat berjalan dengan baik oprasinya bila ada prosedur
kerja yang baik.
C. TUJUAN
ON THE JOB TRAINING
Adanya on
the job training yang dilakukan oleh siswa/siswi kelas satu baik dari jurusan
Tata boga atau Perhotelan mempunyai tujuan yang sama diantaranya:
1.
Membekali
siswa dengan pengalaman yang sebenarnya dalam dunia kerja sebagai persiapan
guna menyesuaikan diri dalam kerja dan dalam masyarakat.
2.
Memantapkan
kedisiplinan dan tanggung jawab menjalani tugasnya.
3.
Mendorong
siswa/siswi untuk berjiwa Wiraswasta dan makarya.
4.
Meluaskan
pandangan siswa terhadap jenis-jenis kerja yang ada di bidang bersangkutan.
5.
Memperoleh
umpan balik, baik dari dunia kerja maupun pemantapan program kerja.
D. TUJUAN
PENULISAN KARYA TULIS
Pada
pembuatan karya tulis ini bagi siswa/siswi SMK Prima Wisata yang telah
melakukan on the job training diwajibkan untuk mengerjakan karya tulis ini
dengan tujuan :
1. Sebagai bukti laporan dari pelaksanaan on the job
training selama 6 bulan lebih di Hotel Mega Anggrek Jakarta.
2.
Mengukur
sejauh mana pengetahuan penulis didalam bidang kepariwisataan di INDONESIA
khususnya di bidang food & beverage departement.
3. Memberikan pengetahuan mengenai jasa pelayanan
food & beverage department khususnya waiter/waitress.
4. Interprestasi dan usulan, ide, gagasan dari
pemikiran serta penelitian tentang hal-hal yang perlu dikembangkan agar
pelayanan di bidang food & beverage department semakin maju.
5.
Menjabarkan
pengetahuan yang telah didapatkan baik pada saat berada di sekolah maupun waktu
praktek dilapangan kerja.
6. Memberikan dorongan semangat kepada siswa agar
dapat mengembangkan pemikiran dibidang pariwisata khususnya
dibidang food & beverage.
E.
METODE PENGUMPULAN DATA
Metode
pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam melakukan penulisan karya tulis
ini, terhimpun dalam beberapa diantaranya :
1.
Metode
Observasi (Pengamatan Langsung)
Metode
observasi adalah pengumpulan data-data yang diperoleh berdasarkan dari hasil
peninjauan atau pengamatan langsung selama penulis on the job training di Hotel
Mega Anggrek Jakarata.
2.
Metode
Intervieuw (Tanya Jawab)
Metode
intervieuw adalah pengumpulan data-data berdasarkan adanya Tanya jawab secara
langsung, baik pada guru pembimbing maupun pada staf Hotel.
3.
Library
Research (Metode Kepustakaan)
Metode
Kepustakaan adalah pengumpulan data-data yang diambil berdasarkan sumber-sumber
buku, juga dari karya tulis ini milik kakak kelas yang terdahulu yang digunakan
dalam contoh pembuatan karya tulis.
F.
SISTEMATIKA PENYUSUNAN KARYA TULIS
Sistematika
dalam penyusunan karya tulis ini terdiri dari : lembar judul, lembar
pengesahan, lembar penguji, kata pengantar, daftar isi serta kerangka karangan
yang terdiri dari 5 bab, sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini menjelaskan tentang :
a. Pembatasan masalah,
b. Alasan memilih judul,
c. Metode pengumpulan data,
d. Tujuan penulisan karya tulis,
e. Tujuan on thr job training, dan
f.
Sistematika
penyusunan karya tulis.
BAB
II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini menjelaskan tentang :
a. Pengertian Hotel,
b. Pengertia Food and Beverage Departement.
c.
Pengertian
Restaurant
d. Pengertian Bar
e. Pengertian Banquet
f.
Pengertian
Room service
g. Pengertian waiter/waitress
BAB
III: TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB WAITER/WAITRESS
DI HOTEL MEGA ANGGREK JAKARTA
Pada bab ini menjelaskan tentang :
a.
Sejarah
singkat Hotel Mega Anggrek Jakarta
b.
Struktur
Organisasi F & B Departement
c.
Fasilitas
– Fasilitas Hotel Mega Anggrek
d.
Visi
dan Misi Hotel Mega Anggrek Jakarata.
BAB
II
LANDASAN TEORI
I.
Pengertian Hotel
Yang
dimaksud dengan Hotel adalah jenis akomondasi yang menggunakan sebagian atau
seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makanan dan
minuman atau fasilitas-fasilitas lainnya yang dikelola secra komersial.
II.
Pengertian Food and Beverage Departement
Food and
beverage adalah salah satu bagian hotel yang bertanggung jawab atas pengolahan
makanan dan minuman serta penyajian. Food and Beverage Departement terdiri dari
dua bagian yaitu : F&B Service dan F&B Product, didalam F&B Service
terdapat beberapa outlet diantaranya:
1.
Restaurant
2.
Bar
3.
Banquet
4.
Room
Service
III.
Pengertian Restaurant
Restaurant adalah suatu tempat yang
menyediakan berbagai macam sajian makanan dan minuman yang dikelola secara
komersial dan professional. Restaurant juga menjadi salah satu bagian dari Food
and Beverage Departement.
IV.
Pengertian Bar
Bar berasal dari kata “Barier” yang
berarti palang pemisah atau penghalang dalam perkembangannya Bar berarti
penghalang atau pemisah antara karyawan dengan tamu.
Adapun
jenis-jenis Bar adalah sebagai berikut :
1.
Public
Bar yaitu bar yang dipergunakan untuk khalayak umum selain didalam hotel dapat
juga berdiri sendiri biasanya letaknya strategis.
2.
Main
Bar yaitu bar yang menjadi induk dari Service Bar dan merupakan pusat atau
sentral administrasi atau storage untuk kontribusi ke bar lain.
3.
Service
Bar yaitu bar yang berfungsi sebagai tempat penyediaan minuman dalam satu
outlet untuk menunjang kelancaran outlet, juga difungsikan untuk pelayanan di
Room Service.
4.
Sunken
Bar/Garden Bar yaitu bar yang letaknya diarea terbuka (out dor) seperti taman
atau lapangan golf.
5.
Pool
Bar yaitu letaknya diarea kolam renang atau pantai dan menyediakan minuman
bebas alkohol.
6.
Portable
Bar bar beroda yang dapat dipindah-pindah tergantung pada kebutuhannya dan
sebagai sarana pendukung kegiatan banquet.
V.
Pengertian Banquet
Banquet
adalah salah satu bagian dari Food and Beverage Departement yang bertugas dalam
pengadaan tempat, peralatan makanan dan peralatan yang lainnya, yang digunakan
untuk suatu acara. Acara yang diadakan biasanya dalam jumlah besar seperti
wedding party, birthday party, dan acara lainnya.
VI.
Pengertian Room Service
Room service adalah bagian dari f&b
service yang bertugas dan bertanggung jawab menangani pemesanan makanan dan
minumn kedalam kamar. Pelayanan Room Service dapat di laksnakan selama 24 jam,
berlaku untuk makan pagi, makan siang dan makan malam yang semuanya di laksanakan
dengan sebaik-baiknya. Kecepatan dan kecakapan adalah yang di utamakan dalam
memberikan service yang baik.
VII.
Pengertian Waiter/Waitress
Waiter/waiterss adalah seorang karyawan
atau karyawati yang memiliki tanggung jawab dalam melayani dan menyediakan
makanan dan minuman kepada tamu. Seorang waiter/waitress harus dapat
berkomunikasi, yang baik, sehingga dapat mengetahui apa yang di inginkan oleh
para tamu, mereka juga harus berperan aktif dalam menawarkan menu-menu makanan
dan minuman.
BAB
III
TUGAS
DAN TANGGUNG JAWAB WAITER/WAITRESS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DI HOTEL MEGA
ANGGREK JAKARTA
A. Sejarah Hotel Mega Anggrek
Pada tahun 1970
merupakan lagkah awal dan sukses. Drs. Sofyan ponda seorang putra Indonesia
berdarah minang yang dilahirkan pada tanggal 8 juni 1930 didesa Guguk
Tinggi,lereng gunung singgalang. Kepekaan pada iklim usaha saat itu serta
naluri usaha yang kuat dalam dirinya telah memberanikan Sofyan Ponda untuk
memulai usaha propertinya, tepatnya membangun sebuah Hotel menengah yang hanya
mengoperasikan dua puluh kamar.
Dengan investasinya yang
relatif kecil namun dilandasi dengan
keyakinan bahwa Hotel tersebut dapat memenuhi kebutuhan pada saat itu Sofyan
Ponda mengajak serta beberapa orang pengelola yang memiliki visi yang sepaham,
hotel tersebut dioperasikan dengan badan nama Hotel Menteng yang didirikan pada
tanggal 14 September 1971 dengan akte pendirian Notaris Loembe
Tobin,SH,sedangkan hukum bawah naungan PT. MENTENG SARANA WISATA. Setelah
sekian lama hasil jerih payah Sofyan Ponda tidak sia-sia, hanya pada waktu
relative singkat. Hotel tersebut telah mencapai tingkat pertumbuhan yang
meyakinkan, sehingga kamar hotel meningkat menjadi 181 kamar.
Pada tahun 1979 datang
pemegang saham baru yaitu Bapak Amir Rasyidi Duta Basa BSC,yang biasa dipanggil
“Pak Datuk” sebagai mitra bisnis Sofyan Ponda sejak tahun 1975 pak Datuk
bergerak dibidang hasil bumi serta ekspor, hasil lainnya adalah jual beli tanah
dan rumah. Pada waktu itu pak Datuk bergabung dengan komposisi saham 60%
dimiliki Sofyan Ponda dan 40% dipegang oleh pak Datuk. Setelah masuknya Hotel
Menteng berkembang dan membangun lagi dijalan Cikini Raya No.105, Jakarta yang
baru beroperasi pada bulan febuari 1981 dengan jumlah karyawan 217 orang dan
jumlah kamarnya 78 kamar, yaitu Hotel Menteng I dan Hotel Menteng II. Dengan
tetap memperhitungkan situasi usaha perhotelan saat itu pada tahun 1982 Sofyan
ponda segera meningkatkan pertumbuhan usahanya dengan rencana membangun sebuah
Hotel Menteng III yang terletak dijalan Cikini Sofyan dan Ponda segera
membentuk perusahaan sendiri bernama PT. SOFYAN HOTELS, yang membangun serta
mengelola beberapa Hotel kelas menengah.
Pada tahun 1985 Hotel
Menteng I dan Hotel Menteng II dengan Manajemen baru PT. Menteng Sarana Wisata
yang dikelola sendiri oleh pak Datuk berkembang dengan pesat yaitu dengan
membangun sebuah Hotel dijalan Matraman Raya No.21,Jakarta dengan jumlah kamar
179 kamar lebih dikenal saat ini Hotel GRAHA MENTENG yang beroperasi dibulan
juli 1987.
Hotel Mega Anggrek merupakan
bagian dari Hotel Menteng Group yang diresmikan pada tanggal 1 juni 2003. Hotel
Mega Anggrek terletak dijalan Arjuna Selatan No.4 Palmerah Jakarta Barat. Hotel
Mega Anggrek termasuk kedalam hotel berbintang,yang memiliki berbabgai
fasilitas dan pelayanan serta standaritas Hotel berbintang, yang memiliki
beberapa tipe kamar pilihan:
a. Single Standart Special
Room
b. Standart Room
c. Special Room
d. Deluxe Room
e. Superior Room
f. Junior Suite Room
Logo dari hotel mega anggrek adalah huruf
“ M“ yang dibuat menyerupai rumah
Gadang yang merupakan rumah adat dari suku Minang. Hal ini di sebabkan karena
pemilik Hotel Mega Anggrek berasal dari padang, Sumatra Barat. Dalam huruf “M” di logo Hotel Mega Anggrek terdapat
(2) dua buah titik yang menggambarkan jendela dari rumah Gadang.
Hotel Mega Anggrek merupakan konsep Hotel Bisnis oleh karena itu
Hotel Mega Anggrek memiliki moto “ A
suitable Hotel For Having Statisfaction When Business Met Comfort’’. Dari
moto ini Hotel Mega Anggrek ingin membangun citra bahwa dengan segala sumber
aya, sarana dan prasarana yang ada ingin menciptakan suasana yang nyaman untuk
berbisnis.
Karena berkonsep Hotel Bisnis, maka Hotel Mega Anggrek lebih
memiliki beratkan pada penyewaan ruang – ruang rapat yang berjumlah total 15 meeting room dan satu buah ball room
dengan kapasitas sampai dengan 1500 orang.
Pangsa pasar yang merupakan target market dari Hotel Mega Anggrek
adalah organisasi, instasi, perusahaan baik itu swasta maupun memiliki
pemerintah dengan skala kecil, menengah sampai berskala besar.
Dari paparan diatas maka suatu tantangan bagi Hotel Mega Anggrek
untuk dapat membangun citra sebagai Hotel berbintang 3 yang mampu memberikan
kenyamanan berbisnis bagi mitra/pelanggannya melalui berbagai sumber daya,
sarana dan prasarana yang ada, salah satunya dari logo yang dimiliki Hotel Mega
Anggrek.
Sedangkan untuk nama – nama Hotel Menteng Group diantaranya sebagai
berikut :
1. Hotel Menteng I
Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat
2. Hotel Menteng II
Jalan Gondang Dian Lama, Jakarta Pusat
2. Hotel Graha Menteng Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur
4. Hotel Puri Mega
Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat
5. Hotel Mega Pro
Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat
6. Hotel Mega Matra Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur
7. Hotel Sentral Jalan Pramuka Raya, Jakarta Pusat
8. Hotel Parama Jalan Cisarua, Bogor
9. Hotel Puri Jaya Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat
10. Hotel maharadja Jalan Capt.Piere Tendean, Jakarta Selatan
11. Hotel Kaisar
Jalan Duren Tiga (PLN), Jakarta
Selatan
12. Hotel Mega
Cikini Jalan Cikini Raya, Jakarta Barat
13. Hotel Maharani Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
14. Hotel Mega Anggrek
Jalan Arjuna Selatan, Jakarta Barat
15. Hotel Oasis Amir
Jalan Pasar Senen Raya, Jakarta Pusat
16. Harbour Bay Amir
Hotel Jalan Duyung Batu Ampar
Nama Hotel : Hotel Mega Anggrek
Alamat Hotel : Jl. Arjuna Selatan No.4, kemanggisan,
Jakarta Barat
No Telp/Fax : Telp. (62 – 21) 5363044/45, Fax. (62 –
21) 5367004
No Reservation : (62 –
21) 5367009
Email : reservation@megaanggrekhotel.com
Outlet-outlet F&B service Hotel Mega Anggrek
1.
Coffee
Shop
Pada Hotel Mega Anggrek terdapat Coffe
Shop yang bernama orchid Coffee Shop yang terletak dilantai 1 (satu) Hotel Mega
Anggrek dengan kapasitas untuk 150 tamu, bagian ini bertugas dan bertanggung
jawab menangani pemesanan makanan dan minuman yang dipesan oleh tamu yang menginap
maupun yang berkunjung di Hotel Mega Anggrek. Orchid coffee shop menyediakan
berbagai hidangan yaitu American Food, Indonesian Food, danAsian Food.
2.
Banquet
Hotel Mega Anggrek memiliki banquet yang
cukup luas dengan didukung oleh beberapa ruangan yang cukup luas diantaranya:
a.
Anggrek
Function Room
Ruangan ini sering digunakan acara ulang
tahun dan digunakan sebagai ruang meeting karna dapat disekat dalam beberapa
ruangan, Anggrek Function Room terletak dilantai 1 (satu) dengan kapasitas 75
orang tamu. Anggrek Function Room dapat disekat dalam beberapa ruangan yaitu
Anggrek 1-6 dengan kapasitas ruangan masing-masing kurang lebih untuk 15 orang
tamu.
b.
Grand
Anggrek Ball Room
Ruangan ini merupakan ruangan besar oleh
karena itu sering digunakan untuk wedding maupun event-event besar. Grand
Anggrek Ball Room terletak dilantai 1 (satu) dengan kapasitas 1.500 orang tamu.
c.
Grand
Anggrek 1-7
Ruangan ini merupakan ruangan yang paling
kecil karena merupakan sekatan dari Grand Anggrek Ball Room dengan kapasitas
masing-masing ruangan kurang lebih untuk 15 orang tamu.
3.
Room
Service
Yaitu
outlet yang menangani pemesanan makanan dan minuman kekamar tamu, seperti pada
umumnya room service terletak dilantai 1 (satu) dan letaknya berdekatan dengan
Orchid Coffee Shop dan kitchen. Menu yang ditawarkan sama dengan menu yang ada
di Orchid Coffe Shop.
C. Fasilitas – Fasilitas Yang Tersedia
Hotel Mega Anggrek juga memiliki fasilitas
–fasilitas lainnya, yaitu :
1.
Restaurant dan Bar
I. Orchid Coffe Shop Restaurant
Pada Hotel Mega Anggrek terdapat coffe shop
bernama Orchid Coffee Shop yang
terletak dilantai 1 (satu) Hotel Mega Anggrek dengan kapasitas untuk 150 tamu,
bagian ini bertugas dan bertanggung jawab menangani pemesanan makanan dan
minuman yang dipesan oleh tamu yang menginap maupun yang berkunjung di Hotel
Mega Anggrek. Orchid coffee shop menyediakan berbagai hidangan yaitu American
Food, Indonesian Food, dan Asian Food.
(a)
Buka
24 Jam
(b)
Breakfast 06:00 am – 10:00 am (buffet), lunch 12:00 pm – 15:00 pm, dinner 18:00 pm – 22:00 pm.
(c)
Menyediakan
aneka hidangan Indonesia, Eropa dan Chinese
(d)
Live
musik (untuk weekend mulai dari jam 19:00 pm – 22:00 pm
II.
Jasmine
Lobby Lounge Mini Bar
(a)
Buka
24 jam
(b)
Terletak
di lobby utama
(c)
Kapasitas
25 kursi dan sofa 4 buah
(d)
Menyediakan
makanan ringan dan minuman, seperti :Alcoholic,
Coffee, Bread and cake.
III.
Room
Service
Yaitu otlet yang menangani pemesanan
makanan dan minuman kekamar tamu, seperti pada umumnya room service terletak
dilantai 1 (satu) dan letaknya berdekatan dengan Orchid Coffee Shop dan kitchen. Menu yang ditawarkan di room
service sama dengan menu yang ada di Orchid
coffee shop.
(a)
Buka
24 jam
(b)
Menyediakan
makanan dan minuman
(c)
Makanan
dan minuman yang dipesan oleh tamu akan diantar ke kamar.
2.
Ruangan Pertemuan
I.
Anggrek
Ballroom
(a)
Terletak
di lantai 1
(b)
Luas
942 m²
(c)
Dapat
menampung ±1500 pax (standing party)
(d)
Food
and Beverage
II.
Anggrek
Function Room
(a)
Luas
399.05 m²
(b)
Dapat
menampung ±300 pax (standing party)
(c)
Food
and Beverage
III.
Grand
Anggrek I
(a)
Luas
31.20 m²
(b)
Dapat
menampung ±25 pax (standing party)
(c)
Food
and Beverage
IV.
Grand
Anggrek II
(a)
Terletak
di lantai 1
(b)
Luas
54.21 m²
(c)
Dapat
menampung ±45 pax (standing and theatre)
(d)
Food
and Beverage
V.
Grand Anggrek III
(a)
Terletak
di lantai 1
(b)
Luas
58.32 m²
(c)
Dapat
menampung ±35 pax (standing and theatre)
(d)
Food
and Beverage
VI.
Grand
Anggrek IV
(a)
Terletak
di lantai 1
(b)
Luas
40.50 m²
(c)
Dapat
menampung ±50 pax (standing and theatre)
(d)
Food
and Beverage
VII.
Grand
Anggrek V
(a)
Terletak
di lantai 1
(b)
Luas
76.52 m²
(c)
Dapat
menampung ±80 pax (standing and theatre)
(d)
Food
and Beverage
VIII.
Grand
Anggrek VI
(a)
Terletak
di lantai 1
(b)
Luas
58.52 m²
(c)
Dapat
menampung ±60 pax (standing and theatre)
(d)
Food
and Beverage
IX.
Grand
Anggrek VII
(a)
Terletak
di lantai 1
(b)
Luas
97.00 m²
(c)
Dapat
menampung ±95 pax (standing and theatre)
(d)
Food
and Beverage
Di dalam
ruangan pertemuan ini mempunyai fasilitas pendukung, antara lain :
a.
Stage Lighting
b.
Over Head Projector
c.
Built in LCD Player
d.
Sound System
e.
Micropones dan wirelees microphone
f.
Laser Pointer
g.
Photos copies
h.
Wirelees ? Boar band internet acces
3. Fasilitas
Reakrasi
I.
Mahkota
Healt Center & Beauty Salon
(a)
Buka
dari jam 10.00 am – 03.00 am.
(b)
Terletak
di lantai 2
(c)
Luas
98.70 m²
(d)
Dapat
menampung ±15 pax (salon), masasage + 10 pax + spa 1 room 5 pax.
(e)
Kapasitas
3 kursi + sofa.
(f)
melayani
potong rambut (salon), m message, spa dan sauna.
(g)
Food
and Beverage.
II.
Aggrek
Swimming Pool
(a)
Buka
dari 10.00 am – 18.00 pm.
(b)
Luas
100 m²
(c)
Dapat
menampung ±50 pax.
(d)
Kapasitas
16 kursi + 4 meja
(e)
Food
and Beverage.
4. Fasiltas
Layanan Binatu (laundry) dan jenis binatu di antaranya :
1) Regular : pakaian akan siap untuk di antarkan
kembali kepada tamu saat ke esokan harinya.
2) Express : pakaian akan siap untuk di antar pada
waktu antar 07.30 am – 06.00 pm.
3) Hour : pakaian akan siap di antar 3 jam
berikutnya pada hari yang sama.
5. Fasilitas
Area Parkir
(a)
Buka
24 jam.
(b)
Terletak
di Ground Base Floor
(c)
Pelayanan
parker umum di kelola dan di kenakan biaya sesuai aturan yang berlaku di Hotel
Mega Anggrek
6. Fasilitas
Save Deposit Box
(a)
Buka
24 jam
(b)
Terletak
di lantai main lobby area.
(c)
Menghilangkan
kunci kamar akan di kenakan biaya 50.000,-
7. Grand
Floor (G)
(a)
Emplooye,
tenant dan supplier parking area.
(b)
CCTV
room
(c)
Emplooye
time card
(d)
Smoking
room card (di luar)
(e)
Security
office
(f)
Purchasing office
D.
Tugas dan Tanggung Jawab Waiter/Waitress Dalan
Nemberikan Pelayanan Di Hotel Mega Anggrek Jakarta
Para waiter/ss sebelum melaksanaan
pekerjaan harus mengerti dan memahami tugas dan tanggung jawab waiter/ss di
Hotel Mega Anggrek adalah sebagai berikut :
1.
Rapihkan
uniform terlebih dahulu sebelum memasuki outlet masing-masing
2.
Menyusun
tata letak meja, kursi side stand dan lain-lain
3.
Memoles
cutleries, china ware dan glass ware yang sudah dicuci
4.
Memberikan
salam dan senyum kepada tamu
5.
Mempersilahkan
duduk kepada tamu dan menawarkan makanan dan minuman
6.
Menulis
pesanan tamu atau captain order
7.
Mengambil
pesanan tamu dari kitchen secara berurutan mulai dari appetizer sampai dessert.
8.
Setelah
tamu selesai makan, maka waiter/ss clear up dari sebelah kanan dan membawa
kebelakang atau steward
9.
Mengambil
bill dari meja chasier dan memberikan kepada tamu
10.
Mengantar
tamu sampai ke depan pintu restaurant
11.
Membersihkan
meja kotor dan menset up nya kembali
12.
Bertanggung
jawab bila ada kesalahan pengorderan makanan maupun minuman
13.
Bertanggung
jawab terhadap sectionnya
14.
Bertanggung
jawab atas kebersihan peralatan makan dan minum yang digunakan untuk
operasional
15.
Bertanggung
jawab sepenuhnya kepada peraturan yang berlaku pada outlet masing-masing.
E. Visi
Hotel Mega Anggrek Jakarta
a.
Financially
healt atau sehat secara financial
b.
Professional
HR atau SDM yang professional
c.
Service
oriented atau berorientasi pada pelayanan
d.
Developing
profitable lines of product atau mengembangkan produk dan jasa yang
menguntungan
e.
Cost
efficiency atau effisiensi biaya
F.
Misi Hotel Mega Anggrek Jakarta
“menjadi perusahaan yang inovatif dengan di dukung oleh fasilitas
makanan dan minuman serta layanan primer untuk tujuan usaha’’
BAB IV
PENUTUP
A.Kesimpulan
Setelah penyusunan selesai melaksanakan
On The Job Training kurang lebih enam bulan di Hotel Mega Anggrek Jakarta maka
penyusunan dapat mengambil keimpulan ebagai berikut:
1.
Rapikan uniform terlebih dahulu sebelum memasuki outlet masing-masing
2.
Menyusun tata letak meja, kursi side stand dan lain-lain
3.
Memolescutleries, china ware dan glass ware yang sudah dicuci
4.
Memberikan salam dan senyum kepada tamu
5.
Mempersilahkan duduk kepada tamu dan menawarkan makanan dan minuman
6.
Menulis pesanan tamu atau captain order
7.
Mengambil pesanan tamu dari kithen secara berurutan mulai dari appetizer sampai
dessert
8.
Setelah tamu selesai makan maka waiter/ss clear up dari sebelah kanan dan
membawa kebelakang atau steward
9.
Mengambil bill dari meja chasier dan memberikan kepada tamu
10. Mengantar tamu sampai kedepan
pintu restaurant
11. Membersihkan meja kotor dan
menset up nya kembali
12. Bertanggung jawab bila ada
kesalahan pengorderan makanan maupun minuman
13. Bertanggung jawab terhadap sectionnya
14. Bertanggung jawab atas kebersihan
peralatan makan dan minum yang digunakan untuk operasional
15. Bertanggung jawab sepenuhnya
kepada peraturan yang berlaku pada outlet masing-masing
16. Peratutan waiter / waitress
di Bangquet section adalah sebagai pendukung lancarnya operasional
17. Tanggung jawab adalah kedaan
wajib menanggung segala seuatunya dari tugas yang dilakukan
18. Hotel adalah suatau jenis
bangunan yang mempergunakan sebagian
atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makan dan minum
serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial dan profesional serta
memenuhipenentuan persyaratan yang ditetapkan
19.
Bangquet adalah bagian dari Hotel yang melayani funcion misalnya acara pesta,
seminar, wedding, dan pelanggan, perorangan dan organisasi pelayanan di mulai sejak
pelanggan memesan tempat hingga akhir acara kesepakatan dengan pelanggan
mengikuti hari, tanggal, jam, penyelenggaraan acara atau jumlah tamu pesta yang
hadir.
B.Saran-Saran
Dalam penyelesaian karya tulis, penyusunan sekaligus
menguraikan saran-saran sebagai berikut:
1.
Saran untuk sekolah
a.
Diharapkan pembimbing untuk training lebih di tingkatkan lagi baik bentuk
praktik maupun bentuk materi.
b.
Diharapkan fasilitas yang memadai sehingga siswa dapat menerima pelajaran
dengan efektif dan efesien
c.
Diharapkan adanya peningkatan sumber daya manusia yang terampil dalam
bidangnya dan perlu diadakan diklat untuk siwa
2.
Saran Untuk Hotel
a.
Pihak hotel hendaknya mengadakan pelatihan terhadap waiter/waitress untuk
dapat mempertahankan atau meningkatkan pelayanan kepada tamu demi kemajuan suatu
Hotel
b.
Houserules harus di terapkan agar
waiter/waitress dapat menjaga nama baik dan kepercayaan para tamu didalam
pelayanan
c.
Hotel hendaknya memberikan upah memadai kepada siswa yang training
|
0 komentar:
Posting Komentar