Kamis, 03 Maret 2016

PEMBUATAN VIDEO

1. Pendahuluan
Teknologi komputer sekarang ini tengah berkembang pesat. Kita telah merasakan bagaimana berbagai ruang lingkup kehidupan kita sudah dipengaruhi oleh teknologi komputer ini. Hal ini tak terkecuali pada teknologi pengolahan video. Beberapa tahun lalu apabila kita ingin menyunting dan memanipulasi video maka kita membutuhkan berbagai macam perangkat keras yang kompleks dan rata-rata berharga mahal namun kini dengan memanfaatkan PC dan suatu software tertentu pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
Dengan menggunakan teknologi komputer kita dapat memangkas biaya produksi karena kita hanya membutuhkan seperangkat komputer multimedia. Dengan alat itu kita akan dapat membuat dan memanipulasi video dengan mudah.
Secara umum alur pengolahan video adalah dengan mengambil atau meng-capture gambar suatu kegiatan menggunakan sebuah kamera video. Hasil pengambilan gambar tersebut kita masukan kedalam komputer sehingga menjadi suatu bentuk file. File-file tersebut dapat kita edit dan manipulasi. Dalam proses ini kita dapat membuang adegan-adegan yang tidak perlu, menyambung dua adegan yang berbeda, memberi efek pada klip tersebut dan lain-lain. Kitapun dapat memberikan transisi pada suatu perpindahan klip sehingga tampak lebih halus dan professional. Terakhir kita dapat membuat bentuk file video yang sudah kita edit kedalam berbagai macam media. Media-media itu antara lain media komputer itu sendiri, dimana file kita simpan untuk atau hanya ditampilkan dalam komputer saja, media internet dimana kita membuat file tersebut menjadi konsumsi pengguna internet, media rekam yaitu kita merekamnya dalam bentuk kaset video ataupun dalam bentuk VCD.
Multimedia merupakan salah satu cara yang tepat untuk mempermudah penyampaian informasi dalam bentuk audio video. Dengan adanya multimedia manusia bisa berinteraksi dengan komputer melalui media gambar, teks, audio, animasi dan video. Selain itu multimedia juga mampu menghasilkan sesuatu menjadi lebih hidup dan menarik. Sebagai contoh, multimedia dapat digunakan untuk membuat iklan televisi, untuk keperluan presentasi atau seminar, mendesain majalah dan membuat film-film animasi, seperti film-film kartun, bahkan pembuata film cerita maupun pembuatan video klip musik.
Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah bagaimana untuk sampai ke tahap itu. Teknologi yang menyediakan sudah jelas ada. Artis, model ataupun, bahkan obyek pun banyak. Yang luput adalah, adakah mereka yang secara serius mendalami atau menggeluti bidang atau hobi membuat Video Klip Musik.Oleh karena itu penulis mencoba menerapkan aplikasi multimedia ini melalui pembuatan Video Klip Musik berjudul “ Aku Bisa “.
2. Dasar Teori
2.1 Video Digital
Teknologi Video analog dan siaran televisi sudah semakin maju, dan sudah banyak peningkatan teknologi dari belahan dunia lain dibandingkan dari yang kita lihat sekarang ini. Menggunakan video digital banyak sekali keuntungan yang didapat dibandingkan dengan video analog, contohnya: kualitas yang lebih tinggi, tidak terjadi distorsi, interaktif, banyak pilihan dalam mentrasmisikan dan mendistribusikan, pengeluaran yang lebih rendah dalam proses editing, dan banyak sekali yang tidak dapat disebutkan satu persatu.1
2.2 Video Analog
Video kamera standar mempunyai tiga unsur utama keluaran: luminance, chrominance, dan sync. Produksi dan tempat merekam, luminance dan chrominance (komponen video) dipisahkan fungsinya untuk menghasilkan kualitas yang lebih baik. Untuk penyiaran dan pendistribusian ( biasanya menggunakan VHS video tape ) luminance dan chrominance dikombinasikan kedalam satu buah sinyal ( video gabungan ). Limunance adalah brightness dari pixel-point. TV hitam putih hanya memerlukan informasi yang berfungsi untuk merekonstruksi scene. Chrominance adalah informasi warna. Pada TV warna, Luminance tidak diperlukan. Chrominance terdiri dari 2 komponen, warna dan saturasi. Warna menunjukan tampilan warna yang aktual, sedangkan saturasi adalah intensitas warna. Monitor komputer berbeda dengan TV. Monitor komputer selalu menggunakan RGB, itu berarti terdapat warna merah, hijau dan biru dari masing-masing pixel.
Ada tiga standar utama penyiaran yang berlaku saat ini. 3 standar tersebut adalah NTSC ( National Televesion System Committee ), SECAM ( Sequential Color And Memory ), dan PAL ( Phase Alternating Line ). NTSC adalah standar video yang paling digunakan di Amerika Serikat ( US ), PAL digunakan oleh Eropa Barat, Asia dan SECAM dipakai di Perancis, Rusia dan Eropa Timur.
Perbedaan mendasar dari standar video yang merupakan standar internasional dibagi menjadi 3 bagian:
• Jumlah garis horisontal didalam gambar video ( 525 atau 625 ).• Apakah jumlah frame ratenya 30 atau 25 frame per detiknya.
• Jarak kanal siaran ( badnwidth yang digunakan ).
2.3 Film Sebagai Komunikasi Massa
Dalam seminar Communication Planing and Polities yang diselenggarakan di Hawai tanggal 1-5 April 1976 disebutkan, kesimpulan tentang perencanaan komunikasi dan kebijakan komunikasi dalam intinya adalah bahwa komunikasi massa dapat dikelola sebagai suatu komoditi, sebagai suatu model. Supaya komoditi tersebut dapat tersebar dengan luas, perlu diperhatikan unsur pengadaan dan distribusinya. 2
Selanjutnya agar saran tercapai, perlu diadakan suatu infrastruktur komunikasi, sebagaimana juga penjualan suatu produk ditentukan oleh proses produksi, transportasi, dan sasarannya. Infrastruktur komunikasi ini dibedakan menjadi infrastruktur keras ( hardware ) dan infrastruktur lunak ( software ).
2.4 Obyek-obyek Multimedia
Video klip ini juga termasuk dalam definisi multimedia, yang menekankan pentingnya peran yang dimainkan link dalam menyediakan jalan bagi pengguna untuk berinteraksi dan melakukan navigasi. Definisi objek-objek link tersebut dengan mengurai multimedia melalui pendekatan taksonomi. Terdapat enam jenis objek: (1) Teks, (2) Grafik, (3) Bunyi, (4) Video, (5) Animasi, dan (6) Software. 3
2.5 Perangkat Lunak yang Digunakan
Terdapat beberapa jenis perangkat lunak yang diperlukan dalam penulisan skripsi ini, yaitu: Adobe Premiere dan tidak menutup kemungkinan menggunakan perangkat lunak tambahan.
2.5.1 Adobe Premiere
Adalah merupakan salah satu software editing video yang berkualitas tinggi. Hasil dari program Adobe premiere merupakan sebuah video yang memiliki gambar dan audio yang bagus. Selain itu Adobe Premiere memiliki ruang yang luas untuk berkreasi efisien, efektif dalam melakukan editing baik dalam skala kecil maupun banyak, karena Adobe Premiere banyak menyediakan pilihan-pilihan menu yang diperlukan saat melakukan editing dan mempunyai banyak fasilitas serta kustomisasi yang diinginkan oleh user, dan juga sangat komputibel dengan berbagai merek video capture card maupun video editing card.
.
2.6 Perangkat Keras (Hardware) Yang Digunakan
Selain perangkat lunak yang digunakan, perangkat keras juga merupakan hal yang utama untuk dapat mendukung dalam pembuatan video klip musik. Spesifikasi minimum perangkat keras yang digunakan untuk dapat menjalankan aplikasi tersebut adalah :
a. Processor dengan kecepatan 200 Mhz
b. Internal Memory (RAM) Random Acces Memory 128 MB
c. VGA Card
d. Sound Card
e. Harddisk dengan kapasitas 3,2 GB
f. Sistem Operasi Windows 1998
Sedangkan perangkat keras yang digunakan oleh penyusun dalam pembuatan aplikasi ini adalah :
a. Processor Intel Pentium ( R ) CPU 2160 @ 1,80 GHz (2 CPUs)
b. Internal Memory (RAM) Random Acces Memory 1024 MB
c. VGA Card
d. Sound Card
e. Fire Wire Card
f. Harddisk dengan kapasitas 160 GB
g. Sistem Operasi Microsoft Windows XP Professional.
3. Perancangan Video Klip
3.1 Idea
Untuk membuat sebuah vidio diperlukan sebuah naskah cerita, Ide dapat diispirasikan dari berbagai hal, misalnya pengalaman pribadi, legenda, ataupun cerita rakyat, dan lain sebagainya.4 Idea dalam pembuatan video klip musik ini terinspirasi dari pengalaman pribadi teman penulis yaitu seorang wanita yang mempunyai tunangan dan tunangannya sering memarahi, menampar dan menukulnya.
3.2 Tema
Setelah semua ide terkumpul maka langkah selanjutnya yaitu menentukan tema. Tema pada sebuah film atau cerita biasanya mengerucut pada suatu konsep yaitu satu kata. Disini penulis mengambil tema pokok yaitu ” aku bisa ” atau percaya diri, pada pembuatan video klip musik ini.
3.3 Menulis Logline
Penulisan logline adalah plot yang dituangkan dalam sedikit mungkin kata-kata yang digunakan dalam menyusun cerita. Sangat sering cerita dimulai dengan dua kata “Bagaimana jika”, dan untuk membangun cerita ditamahkan dua kata lagi “Dan kemudian”, adapun logline dari pembuatan Video Klip Musik ini adalah “ bagaimana facebook bisa menyatukan kisah yang terpenggal dan kemudian merangkainya dalam sebuah kisah cinta “.
3.4 Sinopsis
Sinopsis merupakan gambaran keseluruhan cerita kasar dari film. Untuk mengembangkan cerita ada 7 pertanyaan besar yang harus di jawab.
Adapun 7 pertanyaan dari cerita video klip musik ini sebagai berikut:
1. Siapakah tokoh utamanya?
Model yang diperankan oleh seorang wanita.
2. Apa yang diinginkan/didambakan tokoh utama ?
Mendapatkan pria pujaan hatinya.
3. Siapa/apa yang menghalangi tokoh utama untuk mendapatkan yang diinginkan?
Tunanganya.
4. Bagaimana pada akhirnya tokoh utama berhasil mencapai apa yang dicita-citakan dengan cara yang luar biasa, menarik dan unik?
Model wanita meluapkan kemarahannya pada tunagannya dengan menusuk tunangannya dengan gunting.
5. Apa yang ingin anda sampaikan dengan mengakhiri cerita seperti ini?
Kalau anda memang yakin dengan apa yang akan anda lakukan, maka jangan takut untuk melakukannya “Let It Flow, Follow The Star”.
6. Bagaimana anda mengisahkan cerita anda?
Dengan sudut pandang tokoh utama, menggunakan flashback, tampa narasi, dan musik yang digunakan untuk menekan tema, adegan dan pola.
7. Bagaimana tokoh utama dan tokoh-tokoh pendukung lain mengalami perubahan dalam cerita ini?.
Mencoba percaya pada perasaan yang dia miliki.3.5 Diagram scane
Gambar diagram Seperti standar pembuatan diagram atau film sebuah cerita didasarkan pada dia scane yg secara umum terdiri dari 3 babak, yaitu awal(25%), tengah(50%),dan akhir cerita (25%).5
Babak 1
Secara umum setiap babak memiliki kandungan isi cerita sesuai fungsinya yaitu pada babak awal atau action 1 yang menceritakan :
􀂾 Pengenalan tokoh.
􀂾 Setting.
􀂾 Pengenalan masalah.
􀂾 Resiko-resiko yang mulai ditetapkan.
􀂾 Pemutar balikan keadaan (perasaan)
􀂾 Merupakan 25% dari cerita keseluruhan.
Babak II
Babak 2 memiliki kandungan isi yaitu :
􀂾 Konfrontasi.
􀂾 Mempertajam konflik, antara keyakinan dan keraguan dan munculnya orang ke tiga yang menjadi penghalang.
􀂾 Merupakan 50% dari cerita keseluruhan
Babak III
Merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi.babak inilah yang merupakan klimaks yang meluncur dengan cepat, kemudian diakhiri dengan ending yang mengagumkan menuju ketenangan. Babak ini merupakan 25% dari keseluruhan cerita.
4. Pembahasan
4.1 Identifikasi Masalah
Dalam tahap mendefinisikan masalah ini, maksud dan tujuannya adalah menggali dan mengembangkan ilmu yang telah ditempuh selama perkuliahan dibidang multimedia dan konsentrasi dibidang Broadcast.
1. Masalah yang Dihadapi
Bagaimana langkah-langkah dalam membuat Video Klip Musik, agar lebih efektif dan efisien ?
2. Pemecahan Masalah
Untuk mengatasi hal tersebut penulis mencoba membuat Video Klip Musik dimulai dengan beberapa langkah-langkah yang praktis dalam upaya membuat sebuah video klip yang sederhana dan menarik, yaitu mulai dari pencarian idea, storyboard, pengeditan, sampai pada proses rendering.
4.2 Memproduksi Video Klip Musik
Dalam memproduksi video klip musik, melibatkan tiga tahap, yaitu tahap pra produksi, tahap produksi, dan tahap pasca produksi. Masing-masing tahap saling mempengaruhi tarhadap biaya dan kualitas.
4.2.1 Tahap Pra Produksi
Tahap pra produksi adalah tahap semua pekerjaan dan aktifitas yang terjadi sebelum proyek di produksi secara nyata. Dan berisikan konsep yang akan dibangun dalam pembuatan video klip. Adapun tahap-tahap kegiatan yang dilakukan pada proses pra produksi antara lain menulis naskah, menentukan properti dan vegetasi, membuat treatment, melakukan hunting lokasi, membuat scrip, membuat storyboard dan menganalisis biaya-manfaat Perencanaan secara baik sebelum di produksi, dapat menghemat biaya yang dikeluarkan. Hal inilah manfaat utama dari tahap pra produksi.
4.2.2 Tahap Produksi
Produksi adalah merupakan tahap lanjutan dari praproduksi, dimana rancangan-rancangan yang sudah dibuat pada saat praproduksi akan dilaksanakan pada tahap ini. Adapun tahap-tahap kegiatan yang dilakukan pada proses produksi antara lain pengenalan sutradara dan cameraman, shooting atau pengambilan gambar secara keseluruhan, mulai dari awal, tengah dan akhir, membuat shot list (scipt shooting report) dan breakdown script.
4.2.3 Tahap Paska Produksi
Proses ini lebih dikenal dengan proses editing. Setelah ditentukan harinya, maka editor mulai dengan proses editing sampai dengan proses rendering. Tentu dengan bekal shootlist (shooting report) dari scripwriter dan catatan dari sutradara.
4.2.3.1 Editing
Editing yaitu suatu proses memilih atau menyuting gambar dari hasil shooting dengan cara memotong gambar cut to cut, atau dengan menggabungkan gambar dengan menyisihkan sebuah transisi dan effek.
Berbicara tentang editing, berarti tidak lepas seorang Editor. Editor bertugas menyusun gambar dan suara agar menjadi sebuah video klip. Hal utama yang harus diperhatikan oleh editor adalah lembaran shootlist (shooting report), editor memilih gambar yang telah disetujui oleh sutradara untuk dipakai dalam video klip. Keterangan bertanda ok berarti gambar telah disetujui oleh sutradara.
4.2.3.2 Proses Pengorganisasian pada Tahapan Pengembangan
Gambar 4.14 Bagan Struktur Organisasi pada Tahapan Pengembangan
Didalam merancang dan membuat video klip agar selesai tepat pada waktu yang diharapkan maka dibutuhkan suatu pengorganisasian pada tahapan pengembangan yaitu diasumsikan seorang sutradara ingin membuat sebuah video klip dengan durasi 3,28 menit maka sutradara memerintahkan scriptwriter untuk membuatkan naskah cerita, kemudian naskah cerita dikirim kepada sutradara dan storyboard artist untuk membuat storyboard sebagai gambaran visual dari naskah (storyboard berisi dialog, action, kamera, dan durasi), kemudian storyboard dikirim kepada Editor, Editor bertugas untuk mengedit gambar video dan audio menjadi sebuah video klip, (disini terjadi proses sinkronisasi/kombinasi antara video dan suara). PRODUSER SUTRADARA SCRIPTWRITER ( Naskah ) STORYBOARD ARTIST (Membuat Stroyboard) EDITOR Video Klip Musik
Berbicara tentang editing, berarti tidak lepas seorang Editor. Editor bertugas menyusun gambar dan suara agar menjadi sebuah video klip. Hal utama yang harus diperhatikan oleh editor adalah lembaran shootlist (shooting report), editor memilih gambar yang telah disetujui oleh sutradara untuk dipakai dalam video klip. Keterangan bertanda ok berarti gambar telah disetujui oleh sutradara.
4.2.3.2 Proses Pengorganisasian pada Tahapan Pengembangan
Didalam merancang dan membuat video klip agar selesai tepat pada waktu yang diharapkan maka dibutuhkan suatu pengorganisasian pada tahapan pengembangan yaitu diasumsikan seorang sutradara ingin membuat sebuah video klip dengan durasi 3,28 menit maka sutradara memerintahkan scriptwriter untuk membuatkan naskah cerita, kemudian naskah cerita dikirim kepada sutradara dan storyboard artist untuk membuat storyboard sebagai gambaran visual dari naskah (storyboard berisi dialog, action, kamera, dan durasi), kemudian storyboard dikirim kepada Editor, Editor bertugas untuk mengedit gambar video dan audio menjadi sebuah video klip, (disini terjadi proses sinkronisasi/kombinasi antara video dan suara).Demikianlah proses pengorganisasian dalam pembuatan video klip ini mulai dari tahapan pra produksi, produksi, sampai pada tahapan pasca produksi.
5. Kesimpulan
Berdasarkan hasil yang didapat dalam Vidio Klip Musik “ Aku Bisa “ diperlukan tahapan-tahapan yang menjadi tolak ukur terciptanya projek Video Klip. Maka sebagai bentuk dapat ditarik kesimpulan pengembangan dalam pembuatan Video Klip Musik, yaitu sebagai berikut :
1. Dalam pembuatan video klip diperlukan tahapan-tahapan yang menjadi tolak ukur terciptanya projek video klip. Terdapat 3 tahapan pengembangan dalampembuatan video klip musik, yaitu :
- Pra Produksi ( Pre Production ), meliputi :
a. Penulisan Naskah ( Lagu )
b. Mentukan Property dan Vegetasi
c. Membuat Treatman
d. Membuat Penulisan Script
e. Hanting Lokasi
f. Storyboard
g. Analisis biaya dan manfaat
- Produksi ( Production ), meliputi :
a. Pengenalan Sutradara, Cameraman,
b. Pengambilan Gambar
c. Merekam Lagu
d. Scriptwriter
e. Membuat Shoot List
f. Membuat Breakdown Scrip
- Pasca Produksi ( Post Production ), meliputi :
a. Editing
b. Rendering / Composing
c. Pengorganisasian pada Tahapan Pengembangan
2. Sistem Multimedia Vidio Klip yang di rancang pada Klip yang digunakan dapat meningkatkan penjualan kepingan CD dan peningkatan citra Sangeang
3. Dalam Video Klip musik ini banyak pelajaran yang didapat atau pengalaman-pengalaman dalam pembuatan Vidio Klip walaupun konsepnya yang sederhana, hanya membutuhkan keahlian mengambil gambar, menguasai software pendukung dalam memperlancar proses projek pembuatan video klip. Semakin banyak

0 komentar:

Posting Komentar