Kamis, 18 Februari 2016

puisi

MEMPARAFRASEKAN PUISI TUGAS 002
Anda baca puisi berikut berulang-ulang dan pahami baris demi baris, paragraf demi paragraf agar dapat mengubah menjadi bentuk prosa

MENYESAL

Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi

Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu, miskin harta

Ah ... apa guna kusesalkan
Menyesal tua tiada berguna
Hanya menambah luka sukma

Kepada yang muda kuharapkan
Atur barisan di hari pagi
Menuju ke arah padang bakti
                                                Puisi Baru, Ali Hasyimi


MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF
TUGAS 002
1. Susunlah menjadi paragraf deduktif, dari kalimat utama berikut ini!


  • Negara Indonesia trmasuk negara di kawasan Asia yang kaya akan hasil alam.
  • Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang mempersatuan bangsa Indonesia.
2. Susunlah menjadi paragraf induktif, kalimat utama berikut!
  • Inilah penyebab terjadinya banjir di Muara Angke Jakarta.
  • Jadi, dengan bahasa Indonesia dapat menyatukan tekad untuk menumpas penjajah negeri ini.
MENGUNDUH PARAGRAF

1. Berikan contoh paragraf narasi fiksi dan narasi ekspositoris
2. Tunjukan contoh paragraf, deskripsi
3. Tunjukan pula contoh paragraf eksposisi, argumentasi, dan persuasi

TUGAS 003


  • Dengan adanya siaran televise sehari penuh, anak-anak menjadi malas belajar. Anak-anak lebih senang menonton televise daripada belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah dari gurunya. Apalagi bila sudah tiba saatnya penayangan film kesukaan mereka seperti Power Rengers, Spiderman, atau Herkules. Kecenderungan anak yang suka meniru-niru tokoh dalam film laga, bisa dipastikan akibatnya. Mereka menjadi agresif, kurang disiplin, dan susah diatur. Selanjutnya bila mereka meniru-niru adegan lainnya, kemungkinan besar mereka akan menjurus ke tindak kriminal, seperti pencurian, penodongan, ataupun pembunuhan.

Pertanyaan :

    1. Tentukan gagasan pokok paragraf di atas
    2. Tentukan dan tunjukkan gagasan penjelas yang mana saja
    3. Tentukan kalimat topik/pokok/utama paragraf di atas
    4. Tunjukkan kalimat penjelasnya
    5. Dikembangkan dengan pola apakah paragraf di atas? Tunjukan yang menyatakan pola pengembangan tersebut
    6. Tergolong jenis karangan apakah paragrafi di atas

  • Topik : PERANAN MAJALAH DINDING DI SEKOLAH

Kerangka :
    1. Majalah dinding merupakan program OSIS
    2. Majalah dinding sebagai wadah pengembangan kreativitas
    3. Majalah dinding sebagai ajang kompetisi intelektual
    4. Majalah dinding sebagai batu loncatan untuk sukses
Untuk menjadi wartawan, kolumnis, penulis, atau redaktur media massa maupun elektronik diperlukan latihan-latihan dalam waktu yang lama. Karier mereka umumnya diawali dari latihan menulis, menulis, dan menulis sejak remaja. Media latihan menulis awal yang cukup membantu ialah majalah dinding. Di sekolah-sekolah yang maju sering dijumpai terbitan majalah dinding yang bagus. Tidak jarang dari merekayang sukses dalam bidang tulis-menulis atau karang-mengarang adalah berkat majalah dinding.
Pertanyaan :
a.   Paragraf di atas merupakan pengembangan dari kerangka nomor.....
b.       Kalimat sumbang dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat...

c.        Tergolong jenis karangan apakah paragraf di atas...

TUGAS   004

Ubahlah kalimat berikut agar menjadi efektif!

1.   Saya saling bersalaman dengan keluarga paman.
2.   Ia membeli buku itu karena telah diketahui bahwa buku tersebut bagus.
3.   Majalah ini saya sudah baca
4.   Kemajuan daripada sekolah ini sangat pesat sekali.
5.   Para hadirin dimohon agar berdiri.
6.   Kepada siswa kelas dua dimohon berkumpul di halaman sekolah.
7.   Untuk Bapak guru dimohon menempati tempat duduk di sebelah kanan panggung.
8.   Semua peserta diskusi saling tukar-menukar pengalaman.
9.   Gunung Gandung termasuk paling terdekat dengan jantung kota Wonogiri.
10. Bapak Budiman agar supaya menghubungi Bapak Ridwan di ruang direktur.

TUGAS 005
Menyusun kalimat menjadi paragraf!
(1) Karena letaknya yang strategis, tempat itu menjadi perhentian kapal-kapal tambang yang    
      berangkat tiap hari dari Cilangkap ke Kali Pucang.
(2) Letaknya di ujung muara Sungai Citandui
(3) Kampung Majingkak adalah tipologi kampung nelayan yang miskin.
(4) Pada malam hari lelaki ke luar mencari ikan atau mengambil kayu ke Nusakambangan
(5) Sebuah jalan tanah yang hanya berfungsi di musim panas menghubungkan tempat itu dengan
      jalan raya Banjar dan Pangandaran
(6) Kampung ini hanya terdiri dari sepuluh rumah gubuk

TUGAS 006
1. Sebutkan macam-macam kalimat tanya beserta ciri-ciri masing-masing!
2. Jelaskan ciri-ciri kalimat perintah dan berikan contohnya!
3. Apa yang dimaksud 'kata' 'frase' ambigu itu? Jelaskan dan berikan contohnya!
4. Ubahlah menjadi kata baku : 'anggauta', 'non beras', 'anti nyamuk', 'pra sejarah', pasca sarjana'.
5. Jelaskan faktor yang mempengaruhi kalimat tidak efektif! Berilah contohnya

TUGAS 007
1. Apa yang dimaksud kalimat tanya biasa? Jelaskan berikan contoh
2. Berikan contoh kalimat tanya klarifikasi/konfirmasi 5 saja!
3. jelaskan perbedaan antara kalimat tanya retoris dan tersamar? Berikan contoh!
4. Bagaimanan rumus bertanya? Jelaskan keguanaan masing-masing!
5. Jelaskan fungsi kata penghubung/konjungsi 'sebab', 'sehingga', 'di samping itu', 'daripada'                    
TUGAS 008
1. Jelaskan fungsi afiks penanda 'proses' dan 'hasil'.   Berilah contoh dalam kalimat!
2. Apa yang dimaksud opini dan fakta? Berilah contoh dalam kalimat!

TUGAS 009
Berikan tanda petunjuk/garis bawahi bagian surat undang di bawah ini yang tidak benar!

                     
                         SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
                SMK PANCASILA 6 JATISRONO WONOGIRI
                            STATUS : TERAKREDITASI ( B )

 Alamat  : Jl. Garuda Pancasila Kec. Jatisrono Kab. Wonogiri Prov. Jawa Tengah 57691
                                              Telp. (0273) 411182;  Fax (0273) 411182


Nomor : 005/      /2014 7 Juli  2014
Lampiran         : ---
Hal                  : UNDANGAN




Yth. Sdr. Guru Penerima Tunjangan Profesi
SMK Pancasila 6 Jatisrono
Di Jatisrono


Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan tuntutan profesionalisme bagi guru yang telah bersertifikasi, maka perlu adanya koordinasi dan kesepakatan dalam setiap melaksanakan tugas, baik secara administrative maupun strategi. Maka dengan ini kami mengundang kehadiran Bapak/Ibu, besok;

       Hari, tanggal : Kamis, 10 Juli 2014
       Waktu         : 08.30 – selesai
       Tempat         : SMK Pancasila 6 Jatisrono
       Acara : Pembinaan dan Koordinasi antarguru bersertifikasi


Demikian surat undangan kami, atas  perhatiannya, diucapkan banyak terima kasih.

                                                                      Kepala Sekolah,



                                                               Drs. Slamet Riyanto, M.M.

TUGAS 010
Tentukan jenis kesalahan kalimat berikut, dan ubahlan menjadi kalimat efektif!

1. Kedatangannya Bapak Bupati sangat diharapkan sekali.
2. Meskipun ia pandai, tetapi ia tidak pernah sombong.
3. Ketika jemputan datang, dari kami semua sudah siap.
4. Setelah berulangkali ia berlatih barulah bagus prestasinya.
5. Antara sesama peserta seminar saling bertukar pikiran.
6. Pada PON yang baru lalu mengikutsertakan para penyandang cacat.
7. Untuk orang tuanya sendiri diberikan uang setengah juta rupiah.
8. Bagi saya sangat tertarik terhadap cara dia berpakaian.
9. Rumahnya Pak Hari yang baru dibangun itu mau dijual.
10. Kedua orang itu bertengkar saling dorong-mendorong
11. Dirgahayu HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.
12. Kami telah membicarakan tentang masalah lingkungan hidup ini hari.
13. Penyelundup obat itu berhasil ditangkap polisi.
14. Bersama surat ini kami beritahukan bahwa...
15. Bagi siswa yang terlambat, harap melapor guru yang piket

0 komentar:

Posting Komentar